Saturday, April 2, 2016

Asma'ul Husna: Al-Hadi ( Yang Maha Pemberi Petunjuk )

Pengertian Asma'ul Husna

Asma'ul Husna artinya nama-nama yang baik, indah, suci yang mengandung makna menyanjung kemuliaan sifat-sifat Allah swt..
Sifat-sifat Allah yang agung dan mulia ini tidak mungkin bisa disamai oleh sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh manusia. Karena keagungan dan kemuliaan sifat manusia, sifatnya hanyalah sementara dan terbatas. Sedangkan keagungan dan kemuliaan sifat-sifat Allah bersifat abadi dan tidak mengenal batas.

¤ Al-Hadi

Allah memiliki sifat al-Hadi, artinya Yang Maha Pemberi Petunjuk. Kebenaran petunjuk Allah ini bersifat mutlak. Kebenarannya akan berlaku sepanjang zaman untuk siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sebagaimana dinyatakan dalam kitab Al-Qur'an bahwa barang siapa mengikuti petunjuk-Nya, maka dia tidak akan tersesat selama-lamanya.

Firman Allah dalam Al-Qur'an Surah Az-Zumar ayat 36-37
yang artinya:
"Barangsiapa yang dibiarkan sesat oleh Allah maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. Dan barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorang pun dapat menyesatkannya." ( Q.S. az-Zumar/39 [36-37] )

Petunjuk Allah ini sebenarnya diberikan kepada semua manusia, tetapi tidak semua manusia mau menerimanya. Coba kamu perhatikan, bahwa perbuatan mencuri, berzina, korupsi, mabuk, memfitnah itu sudah jelas dilarang dalam Al-Qur'an dan dinyatakan sebagai perbuatan salah. Namun, banyak manusia yang melakukannya. Ini menunjukkan bahwa masih banyak manusia yang menolak petunjuk Allah karena lebih suka mengikuti hawa nafsu.

Namun demikian, ada juga manusia yang benar-benar mau menerima petunjuk Allah. Sebagai contoh adalah ketika kamu sedang asyik bermain, lalu tiba-tiba terdengar suara Adzan, maka kamu cepat-cepat je masjid untuk sholat berjamaah. Ini bukti bahwa kamu mau menerima petunjuk Allah.