Friday, April 1, 2016

Asma'ul Husna : Al-Mu'min (Maha Aman)

Pengertian Asma'ul Husna

Asma'ul Husna artinya nama-nama yang baik, indah, suci yang mengandung makna menyanjung kemuliaan sifat-sifat Allah swt..
Sifat-sifat Allah yang agung dan mulia ini tidak mungkin bisa disamai oleh sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh manusia. Karena keagungan dan kemuliaan sifat manusia, sifatnya hanyalah sementara dan terbatas. Sedangkan keagungan dan kemuliaan sifat-sifat Allah bersifat abadi dan tidak mengenal batas.

¤ Al-Mu'min
Allah mempunyai sifat al-Mu'min, artinya Mahaaman, jauh dari rasa takut dan khawatir. Sedikitpun Allah tidak mempunyai rasa takut, khawatir atau cemas seperti yang dimiliki manusia.

Jika manusia mungkin hari ini merasa aman, mungkin besok sudah merasa tidak aman, karena datangnya sebuah ancaman dari pihak musuh. Hari ini merasa tenang mungkin besok sudah berubahenjadi tidak tenang, karena terjadi berbagai musibah. Namun hal sperti ini, tidak mungkin terjadi pada Allah.

Dunia dan se-isinya ini adalah ciptaan Allah semua makhluk bisa bergerak karena kekuasaan Allah, maka mustahil jika Allah takut pada makhluk yang diciptkan-Nya. Sekejam dan seganas apa pun yang dilakukan makhluk-Nya, tidak akan pernah menakutkan Allah. Bahkan Allah lah yang menjaga keamanan alam semesta. Semua isi dunia ini tunduk dan takut kepada Allah swt.

Firman Allah dalam Al-Qur'an yang artinya :
"Dialah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Maharaja yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, yang menjaga keamanan, pemelihara keselamatan, Yang Maha perkasa, yang memiliki segala keagungan Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan." (Q.S. Al-Hasyr [59] 23 )