Saturday, April 2, 2016

Sejarah Internet

Internet pada awalnya merupakam jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969 melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANet. Mereka msnghubungkan beberapa komputer beebasis UNIX melalui saluran telepon dalam jarak yang jauh sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi. Dalam proyek ini dirancang bagaimana bentuk jaringan, kehandalan, dan berapa besar data atau informasi yang dapat di pindahkan dari komputer satu ke komputer lain.

Jaringan pertama yang dibangun menghubungkan 4 tempat, yaitu UCLA (University of California Los Angles), UCSB (University of California), Unversity of Utah dan SRI (Stanford Research Institude). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 komputer . ARPANet menjadi backbone internetworking untuk institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer.