Wednesday, March 30, 2016

Cara diet yang baik, mudah, alami dan benar

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu.

Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu.

Banyak orang yang masih keliru mengartikan diet. Sehingga bukan badan yang langsing yang didapatkan, namun justru penyakit yang datang. Berikut ini beberapa tips diet sehat yang baik dan benar untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara mudah.

¤ Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi utama. Jika Anda melewatkan sarapan, maka dapat memicu untuk makan lebih banyak dan ngemil sembarangan. Namun karena sedang diet, jadi hindari makanan berlemak tinggi. Mulai sarapan dengan setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau bisa menggunakan menu alternatif lain seperti 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur.

¤ Menjaga konsumsi air putih

Cairan, terutama air putih, begitu penting untuk menyeimbangkan kinerja sel dalam tubuh. Apapun program diet anda, hendaknya anda selalu mengonsumsi air putih secukupnya (minimal 8 gelas tiap hari untuk rata – rata orang normal). Selain itu, hindari pula minuman seperti cola dan kopi. Lebih baik gantikan dengan teh hijau.

¤ Mengatur menu diet sehat

Salah satu cara diet yang baik dan benar, seperti pada artikel kami tentang menu diet sehat, anda perlu memanage asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan atau kekurangan asupan akan berakibat tidak baik bagi kesehatan.

¤ Perbanyak Makan

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, namun makan lebih sering sekitar 5-6 kali sehari namun dalam porsi kecil. Namun makanan yang dikonsumsi tetap menu diet sehat rendah lemak dan tinggi protein.

¤ Cara diet yang baik dengan menghindari makanan instan

Mengurangi bahkan menghindari sama sekali junkfood sangat penting dalam program diet Makanlah makanan dengan bumbu dan bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh. 

¤ Tetap Makan Malam

Tubuh tetap membutuhkan protein saat tidur untuk memaksimalkan pertumbuhan. Hal penting yang harus Anda kurangi adalah menu makanan berkarbohidrat. Anda bisa memasaknya sendiri seperti dada ayam tanpa kulit yang dipanggang, merebus kentang, masak nasi merah dan tumis sayuran.

¤ Olahraga ringan sebagai prinsip cara diet yang benar

Biasakan untuk berolahraga di pagi hari. Sebab dengan olahraga lah proses metabolisme akan maksimal. Walau hanya sekedar jalan kaki ataupun naik sepeda, usahakanlah.

¤ Hindari Menu Makanan Pemicu Kegemukan

Kurangi konsumsi garam, hindari camilan seperti keripik dan snack. Hindari juga minuman bersoda, alcohol, atau yang mengandung kafein yang berlebihan.

¤ Tidak membiarkan diri terkurung dengan pemikiran sedang diet

Karena dengan merasa terkurung dalam sangkar diet umumnya kita akan merasa akan ada masa balas dendam karena telah melakukan perubahan yang besar ini, dan membiarkan tubuh kembali ke pola makan sebelumnya.

¤ Lakukan sekarang

Untuk melakukan perubahan yang lebih baik, sebaiknya dilakukan sekarang juga.Jangan menunggu nanti, karena akan mengganggu konsisten anda dalam melakukan diet.

Sumber:
www.Id.wikipedia.com
www.kamuwanita.com
www.konsultankolesterol.com www.caramenurunkanberatbadan9.com

Jika Anda ingin mendapatkan banyak hal yang menarik lainnya, silahkan BOOKMARKS blog ini ! ;)